Senin, 30 September 2013

(Kok) Jadi Gitu

Apa yang saya katakan yah? Pagi itu saya berhasil membuat suasana sarapan di rumah budheku sedikit agak panas. Saya dan adikadik saya memang sedang nginep di rumah budhe di daerah sekitar pantai losari. seperti kali ini. Kesempatan ini. Nginep lagi. Yahh.. Family time lagi lahh..

Moment sarapan biasanya saya tanggapin biasa aja sih. Mungkin pagi itu lebih karna saya sedang sibuk smsan dengan rekan panitia untuk acara seminar saya.
Well, kembali pada episode kemarin senja. Saya membeli beberapa kotak susu siap minum. Pagi itu adek saya nanya,
"Susu siapa nih..?" Tanyanya dengan suara penyebutan 'S'nya yang lucu.
"Punyaku! Minum aja sih. Emang buat diminum juga.." Jawab saya gak pedulian dan masih fokus dengan handphone error di hadapan saya.
Eh, gak lama begitu Budhe nyeletuk,
"Biasa saya tuh males beli susu kemasan gitu, Jid. Takutnya dah tinggal rasa soalnya isinya dah rusak" Sambil meminum air putih dan duduk di kursi makan tepat di hadapan saya.
Saya gak ngejawab apaapa dan masih lebih peduli dengan sms yang lalu lalang di hape saya. Garing aja dengarnya.
Sedetik kemudian. Karna saya gak ngejawab apaapa, gak belain diri deh tepatnya. Atau mungkin karna adek yang pas dibawah saya itu kadar cerewetnya lebih dibanding yang lainnya, akhirnya dia ajakin juga Budhe saya bincangbincang soal makanan rusak, makanan kualitas rendah, ampe makanan lebel beli-an.
"Tapi saya itu gak suka jajan loh Mur. saya itu sukanya klo lagi makan diluar, cuma beraninya masuk KFC aja ato MCdonal" Budhe membuka suara lagi.
Si adik itu diam aja sih. Mungkin berfikir. Setahu saya, makan di tempat kaya gitu dia gak suka. Hehe..untuk sebuah alasan yang akhirnya ditentang ma budheku itu.
Waktu si adik angkat bicara "dhe, klo makan di situ saya gak suka tuh. Ke-halalannya dipertanyakan. Dia kan punya negara asing. Punya Amerika. Mau diboikot itu. Mana lagi, pernah itu saya liat video pembuatan makanannya. Contohnya aja tuh penyembelihan sapi atau ayamnya. Mereka cuma dimasukin ke sebuah wadah buat membunuh mereka dalam satu kali gilingan. Tanpa disembelih dulu. Dimasukinnya banyakan. Bayangin saja darahnya ikut tergiling dan tercampur di situ"
   Saya seharusnya nyeletuk juga yah. Setidaknya memberi aba-aba ke si adik biar gak banyak bacot. Ditambah lagi gegara saya tuh yang bawa objek yang sekarang dijadikan cikal bakal debatnya mereka pagi ini.
"Gak boleh seperti itu. Saya itu percaya sama perusshaan makanan ternama kaya gitu. Kan dijamin. Video kaya gitu sih cuma buatan para pesaingnya saja buat jatuhin reputasinya. Ke-halalannya gak diragukan lagi. Kenapa kita mesti ragu kalo memang perusahaan itu milik Amerika? Emangnya ayamayamnya itu dikirim dari Amerika? Yang masak orang Amerika? Jadi kita gak boleh beli di situ? Kita percaya saja. Klo emang perusahaannya punya Amerika, setidaknya kan orangorang dalam dapurnya itu pribumi. Kita itu membantu mereka." Bantah budhe.
Aduh..saya diam aja yah. Sebenarnya ada sih bantahan saya juga. Tapi berhubung masih sibuk dengan hape buat konfirmasi orang sana-sini.
Aduh..sayangnya bantahan saya itu juga gak bisa dibahasain. Hanya bisa mendekam dalam sini.
Aduh..gegara susu itu malah jadi debat gak mutu yah? Dua-duanya ternyata cums punya materi pembelaan yang gak menguatkan mungkin.
Aduh..saya ini masih pusing dengan kegiatan saya. Eh..pagipagi depan mata saya dah ada yang debat. Ihh..kepancing banget.
Sebenarnya perdebatan budhe dan si adk gak sampe situ dengan hasil yang gitu saja. Masih panjang kali yee.. dan agak buat saya kesel karna Gak memungkinkan nyampur ikutan. Semuanya tentang esensi dari perusahaan negara asing bagi masingmasing hati mereka. Haha..lucu saja. Gegaranya tuh susu kemasan tuh..

Tidak ada komentar: