Sabtu, 23 Januari 2016

Sadness

Masa lalu.
Sejak dulu saya gak ngerti dan tidak bisa merasakan bagaimana caranya menghibur diri dengan moment-moment bahagia di masa lalu. Karena selalunya, saya mengingat moment bahagia dari masa lalu tepat ketika saya sedang sedih berat. Dan saya masih tetap pengen mencoba menghibur diri dengan itu. Tapi yang terjadi adalah air mata yang berhasil tertahan malah berserobok keluar. Oh iya, tidak lupa hati saya berkata "masa lalu yang manis itu menyakitkan.."
Kalau mau difikir, mau saya apa? Jadi gak mau punya kenangan berbahagia?
Iya, oke saya mau lah ya.. Siapa juga yang mau hidupnya hanya penuh dengan lampu 5 watt, alias redup sepanjang masa. Hanya saja memang, bagi saya hal yang sangat menyakitkan adalah ketika saya sedang sedih lalu Beberapa moment bahagia tiba-tiba lewat di roll memory saya. Wujudnya kadang seperti short movie atau seperti power point presentase di seminar-seminar. :D
Bukan berarti wajah orang yang sedang membuat saya sedih saat ini yang berkelebat, tapi bermacam-macam wajah juga moment bahagia yang pernah saya alami, terus ter-play oleh proyektor dalam kepala saya. Serasa pake LCD gede segala lagi.
Jadi moment berbahagia memang menyenangkan bila diingat, tapi bukan disaat-saat saya sedang berkutat menahan air mata.
Karena hal yang paling saya takutkan terjadi di saat moment sedih saya adalah jatuhnya air mata. Di depan manusia-manusia yang saya sayangi dan didepan mereka yang menyayangi saya, juga berusaha susah payah membantu saya meraih kebahagiaan saya. Orangtua, juga saudara-saudara saya dan sahabat.
Bagi saya, menangis di depan mereka seperti sebuah pukulan kejam. Bayangkan, bila orangtua yang banyak mengorbankan ini itu untuk kebahagiaan kita, bagaikan terhempas tiada arti oleh sikap orang lain yang dengan mudahnya membuat air mata kita ngucur. Maka antisipasi paling sukses yang selalu saya tempuh adalah mengebalkan hati ketika berurusan dengan manusia-manusia kurang penting yang mana dia juga meng-kurang penting-kan perasaan kita.
Saya terbiasa tinggal misah dari orang tua, sejak kecil.
Seingat saya, waktu saya masih belum sekolah bahkan mungkin masih balita, saya sudah ditinggal sama ummi saya karena tugas PTT dokternya di kabupaten Soppeng. Saya tidak ingat pastinya berapa bulan. Saya juga lebih tidak ingat apa saja yang mebuat saya sedih. Haha, secara saya masih kecil. Paling berante sama kakak. Hee..
Tapi yang pasti tidak hanya sampai disitu.
Saya juga pernah berpisah lagi dari orangtua saya. Kali ini saya benar-benar misah karena saya dititip di rumah keluarga saya yang masih terbilang kakek jauh saya, beberapa bulan karena sebuah alasan penting (cieelaah). Tidak ada ummi tidak ada aba. Saya masih ingat, istri kakek saya itu sering emosian dan kebetulan saya buat kesalahan yang sekarang saya sudah lupa kesalahan fatal apa yang saya perbuat sampe-sampe istri kakek saya itu melipat semua jari tangan kanan saya sampe bunyi. Istilahx terpeletuk gitu lah.
Saya kalo ingat moment ini malah pengen ketawa. Karena entah siapa yang ajarin saya dulu, saya suka banget peletukin jari-jari tangan saya. Tapi ummi selalu negur karena gak bagus buat persendian tulang, apalagi saya masih kecil waktu itu. Masih SD. Makanya pas dihukum kayak itu rasanya malah seperti dikasih mainan baru. Hehe.
Tapi setelah kejadian itu saya masuk kamar mikir,"saya ini kan dihukum tadi.."
Jadinya tiba-tiba saya sadar kondisi dan jadi sedih. Aneh, tapi ya memang dasar anak kecil labil dan belum jelas. Saya cuma mikir, alhamdulillah saat itu tidak ada orangtua saya, kan bisa sedih mereka liat tangan anaknya digituin, meskipun yaa saya fine aja. Tapi sekarang saya juga mikir, kalo disitu ada ortu saya, malah tangan saya gak mungkin digituin. Haha
Oke, trus lanjut masa SMP dan dua tahun di masa SMA saya, semuanya saya jalani di pondok. Bener-bener minim campur tangan orang tua tuh. Tapi dipondok saya mengenal lagi sosok-sosok penuh kasih sayang dan perhatian. Mereka namanya sahabat.
Kali ini biasanya dari merekalah saya menghindarkan air mata. Dan kali ini gak tau juga kenapa harus begitu. Biasanya kan kalo sama sahabat yaa.. susah seneng, ketawa nangisnya bareng-bareng. Tapi saya masih juga suka menghindar dari tatapan mereka kalo lagi sedih. Karna ya seperti itu, tatapan mereka malah buat pertahanan jebol padahal visi-misi saya kalo sedih itu cuma "forget it. Itu semua gak ada, jadi jangan sampe nangis. Gak perlu". Mudah-mudah sulit juga. Tapi hanya seperti itu lah formula yang saya pakai. Itu selalu berhasil untuk kasus yang no curhat, no baper, and no special.
Jadi, kesedihan mendalam justru pengen saya habiskan sendirian. Itu lebih cepat mereda ketimbang beradu mata sama orang yang saya sayang, apalagi setelah itu episodenya jadi panjang karena plus sesi tanya jawab.
Saya mau nostalgia sedikit. Saya pernah punya masalah sama tiga sahabat saya sekaligus. Sodara di pondok gitu. Bertengkar dengan tiga gaya deh pokoknya. Karena mereka bertiga bukan sedang bersatu bertengkarin saya. Tapi tiga-tiganya beda soal. Bayangkan saja. Sampe setress juga. Pengen teriak di pantai kejauhan. Mau curhat bingung, tiga-tiganya tempat curhat saya. Lagi-lagi saya pilih menepi buat me-time. Trus waktu itu saya malah naik angkot ke unhas, habis ashar itu. Mobilx masuk dalam kampus, lewatin lapangan basket, workshop, fakultas teknik, trus ke depan pasca, fkm, kedokteran sampe hampir balik lagi ke depan kampus, tapi saya berhenti setelah fakultas sastra. Disana ada gedung yang kayaknya sepi dan di depannya ada meja-kursi jamur gitu. Sepertinya emang biasanya tempat nongkrong mahasiswa kali. Dan saya duduk disana, buka notebook trus nulis. Agak lama habis itu saya pulang. Belakangan saya tau, kalo sore tempat itu memang sepi karena gak ada yang berani nongkrong lagi disana. Katanya angker, mana berhubung lokasi situ memang mepetan sama rumah sakit wahidin. Jadi auranya serem-serem gimanaa gitu. Haha.
Emang yah saya itu selalu aja gak mengikuti kebiasaan peng-angker-an. Orang kata-katain angker, saya malah mojokan disana. Haha.. sory.
Kagak sengaja. :D

"Kesedihan terkadang langsung membawa insting kita untuk menulis. Cenderung ingin sekedar meluap atau bahkan memaki. Lalu perasaan itu habis bgtu saja setelah titik.
Tapi ketika berbahagia malah kadang kita lupa untuk menulis. Karena setiap detiknya terlalu berharga untuk kita habiskan dulu, lalu kemudian ditulis. Dan kebahagiaan tidak begitu saja habis setelah titik."

Alhamdulillah

2 komentar:

Aisyah Ikhwan Muhammad mengatakan...

wahh kebalikannya saya kak saj. haaha.. saya justru kalau ingat kenangan bahagia pas sedih itu jadi berasa semangat lagi. jdi sadar klau trnyta ad bnyk kebhagiaan y sdh Allah kasika' trus trus jd optimis dn berpikir bgini, "saya prnh jatuh lebih dalam dri ini, lbih sakit dari ini, tp akhirnya dilalui dan bisa senyum lg. insya Allah smua pasti berlalu." #sejenis curcol. :P

Aisyah Ikhwan Muhammad mengatakan...

btw mulai aktif lg nge-upadate blog ini di'..setelah hiatus sekian lama.. :p