Senin, 06 Januari 2014

Syukurilah..!!

Kita memang sudah seharusnya mensyukuri semua hal yang ada dalam hidup kita. Nikmat yang terasa, bahagia yang tak tertanggung-tanggung, kesenangan bertubi-tubi. Bahkan pada kenestapaan yang mencabik, semua hal tentang penderitaan, air mata sampai hal-hal paling menyulitkan yang pernah ada.
Mungkin itu jalan-Nya untuk lebih menyanyangi kita. Supaya hambaNya ini lebih banyak mendekatkan diri, mengadu di malam-malam pekat. Mungkin Allah Sedang  ingin bahkan senang mendengar semua doa-doa yang ia panjatkan.
Selalu saja dan mungkin bahkan selalu terulang, bahwa kita menyadari sesuatu itu berharga setelah ia telah pergi. Setelah ia tak ada lagi di hadapan. Dan memang benarlah bahwa penyesalan selalu berada di akhir cerita. Ia setia menunggu sesiapa yang memang pantas untuk mengenal sang penyesalan itu. Maka mungkin tak akan ada perbaikan diri jika segala penyesalan selalu menjadi hal pertama yang menyapa kita. Tidak akan ada juga muhasabah, juga kita akan kehilangan kesempatan untuk menjadi lebih baik.
Saya hanya membenci penyesalan. Dalam bentuk apapun itu.
Saya hanya tidak suka mengenalnya. Kapanpun ia datang.
Juga, saya tak pernah ingin mengenalnya.
Tapi siapa saja bisa menertawakan saya kok. Memang itu hal yang lucu. Jadi, tertawa bukan suatu hal yang saya larangkan, ataupun sesuatu yang tidak wajar.
Iya memang, saya terkadang bahkan berusaha sekuat yang saya bisa untuk menyembunyikan sebuah penyesalan yang saya rasa. Benci saja, tidak melakukan sekuat tenaga juga hal yang seharusnya saya lakukan sebelumnya, untuk mencegah penyesalan itu datang dan menerrtawakan saya mungkin.
Tidak bisa dipungkiri memang, setiap kita pasti pernah mengenal segala hal tentang penyesalan. Apa yang bisa kita lakukan jika memang sudah terlanjur menyesal? Mungkin Cuma termangu sembari memilih jalan untuk bisa bangun kembali. Itu positifnya.
Bagaimanapun, selalu melakukan hal yang maksimal dalam pencapaian. Meski harus gagal, setidaknya kita tak akan menyesal lebih dalam lagi disbanding jika tidak mengusahakan apa-apa. Iya kan? Satu pelajaran yang pernah saya dapat.

“Syukurilah!! Setiap hal yang datang padamu.
Sebab yang datang, pasti akan pergi.
Sedangkan yang telah pergi, (tak bisa kau harapkan lagi).

(Karna) belum tentu akan datang padamu untuk ke-dua kalinya..”

Tidak ada komentar: